Monday, May 6, 2019

Me Time, Intimate Gathering Bandung Hijab Blogger First Anniversary

Doc. BHB Milad 1
Hi Dear,
Assalamu'alaikum

Tanpa disadari sekarang sudah bulan Mei, dan ternyata bulan April lalu ga ada aktifitas di blog ini -Hiatus. Sebetulnya ga sepenuhnya ga ada aktifitas, aku masih aktif nulis script untuk di posting ko, tapi belum ada yang selesai. Hehehe... Singkat cerita, bulan April menjadi puncak kesibukan di sekolah. Semua kegiatan semester genap harus berakhir di bulan ini, kecuali kegiatan Penilaian Akhir Tahun dan Pembagian Rapor yang akhirnya harus dilaksanakan di bulan Mei dan Juni mendatang. Jadi seringkali harus pergi sunrise pulang sunset, alhasil sampai rumah keburu tepar. Curcol nih.. Hehehe.

Meskipun April menjadi bulan yang paling berat, tapi alhamdulillah berakhir dengan manis. Kenapa coba? Karena akhirnya aku dapat kesempatan untuk "me time" bersama temen-temen dari Bandung Hijab Blogger. 

Sabtu, 27 April 2019
Ini menjadi satu moment yang ga bakal aku lupain. Sejak bergabung dengan Bandung Hijab Blogger (BHB), ini adalah kali pertama bisa meet up hampir semua member dan get to know each other. Acara intimate gathering ini dimulai jam 12.00 - 15.00 dan berlokasi di Green Tea Holic, Jl Guntur No. 21 Bandung.

Waktu pertama sampai, aku langsung disambut hangat oleh teh Letisia Maharani dan teh Revina Kreasidya, salah satu team management BHB. Setelah mengisi buku tamu dan sholat dhuhur, aku langsung dijamu dengan hidangan yang enak banget. Sayang ga sempet difoto, karena harus langsung diaduk supaya mateng katanya. Hihihi. Semua yang hadir dalam acara ini juga diberikan secarik kertas untuk menuliskan birthday wish BHB. Birthday wish harus dibuat semenarik mungkin, karena yang terbaik akan mendapatkan hadiah menarik di penghujung acara. Sambil menunggu temen-temen lainnya datang, aku mulai menulis kata-kata mutiara untuk BHBMilad1 dan MCpun mulai membuka acara. 

Acara pertama adalah perkenalan dengan MCnya itu sendiri, teh Anggita Puspa Dyah Hardianti. Dilanjut dengan sambutan founder BHB, Rara Febtarina dan perkenalan dengan tim manajemen BHB lainnya. Selanjutnya adalah paparan dari Zoya Cosmetic tentang beauty hack. Ternyata untuk tampil syantik, ga harus pakai banyak produk make up. Ada produk make up yang multi fungsi juga loh, seperti lipstick yang bisa jadi blush dan juga eye shadow. Cerita lebih lengkap, bakal aku review di postingan lainnya ya, dearTurn on post notif  ya.



Bebas Halu Saat Berpuasa
Menjelang puasa, Pocari Sweat juga berbagi info yang sangat berfaedah, seperti bagaimana cara agar tetap terhidrasi dengan baik selama puasa. Kurangnya cairan tubuh ternyata bisa membuat kita sakit kepala, gampang marah, lemas dan juga halu. Kebayang kan, gimana jadinya kalau kita dehidrasi saat kerjaan dikejar deadline. Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, pastikan tubuh kita tidak kekurangan cairan selama puasa dengan cara mengkonsumsi pocari sweat saat berbuka, sehabis makan dan setelah sahur. 



Dalam sesi ini, tim pocari sweat juga berbaik hati mendatangkan Ibu Enok Sobariah, beliau adalah Kepala Ins. Gizi di RSUD Cibabat. Beliau memaparkan bagaimana cara diet aman saat berpuasa, dengan menerapkan pola 3J. 


Setelah mengenali jenis bahan makanan, selanjutnya adalah menghitung indeks masa tubuh. Cara untuk menghitung berat badan Ideal adalah:

Berat Badan (kg) : Tinggi badan(m)
Kurus:   kurang BB tingkat berat : < 17,0
              kurang BB tingkat ringan : 17,0 - 18,5
Gemuk: kelebihan BB tingkat ringan : 25,0 - 27,0
              kelebihan BB tingkat berat : > 27,0
Setelah mengetahui BB ideal, selanjutnya kita cari tahu berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal ini dikenal dengan istilah BMR atau Basal Metabolic Rate. Setiap orang pasti membutuhan kalori yang berbeda, tergantung pada hasil perhitungan berat badan ideal atau Indeks Masa Tubuh.

Untuk mengetahui BMR, bisa dihitung dengan menggunakan rumus Harris-Benedict. Rumus BMR ini dibedakan antara pria dan wanita. Karena aku tidak sempat untuk mendokumentasikan cara menghitung BMR ini, aku tambahkan informasi perhitungan BMR ini dari situs Hallosehat.com
BMR Pria = 66 + (13,7 x berat badan ) + (5 x tinggi badan) – (6,8 x usia)
BMR Wanita = 65 + (9,6 x berat badan) + (1,8 x tinggi badan) – (4,7 x usia)
Keterangan:
  • Berat badan dalam kilogram (kg)
  • Tinggi badan dalam sentimeter (cm)
Selanjutnya adalah mengalikan hasil BMR dengan faktor aktivitas fisik, untuk mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
Perhatikan tabel berikut ini:
  • Sangat jarang olahraga, kalikan BMR dengan 1,2
  • Jarang olahraga (1-3 hari/ minggu), kalikan BMR dengan 1,375
  • Normal olahraga (3-5 hari/ minggu), kalikan BMR dengan 1,55
  • Sering olahraga (6-7 hari/ minggu), kalikan BMR dengan 1,725
  • Sangat sering olahraga (setiap hari bisa dua kali dalam sehari), kalikan BMR dengan 1,9
Kahoot.it! End-game
Last but not least, sesi terakhir adalah sesi main game. Ada 4 pertanyaan yang dikompetisikan di penghujung acara ini. Karena menggunakan aplikasi kahoot, permainan jadi makin seru. Siapa cepat dan tepat dia yang dapat. Semua orang sibuk cari posisi supaya bisa menentukan prestasi, termasuk aku. Hahaha. Setelah berdesak-desakan supaya bisa baca soal di layar, akhirnya aku dan dua orang temanku berhasil memenangkan kejuaraan ini. Alhamdulillah

Doc. BHBMilad1

Masih ngeuh dengan sayembara birthday wish yang aku ceritakan diatas kan? Nah, alhamdulillah lagi, birthday wish buatan aku terpilih. Aku terharu banget waktu namaku dipanggil. Mungkin untuk sebagian orang dapet hadiah dari lomba atau sayembara terkesan B aja ya? Tapi, buat aku yang ga pernah menang apapun dari lomba ataupun sayembara, momen ini bener-bener membahagiakan. Lebay dikit ga apa-apa kan, dear? Hihihi.


Doc. BHBMilad1
Selain ada game seru dan juga sayembara, ternyata ada juga pemilihan nominasi blogger paling konsisten dengan niche, rajin posting dan postingan yang inspiratif. Ada lima orang pemenang yang mendapat kategori ini, namun dua diantaranya berhalangan hadir karena satu dan lain hal.

Acara Milad Pertama Bandung Hijab Blogger kemarin emang keren abis, aku bersyukur bisa dapet kesempatan hadir di acara itu dan menjadi bagian dari keluarga besar Bandung Hijab Blogger. Semoga BHB semakin sukses, solid, kreatif, berkah dan selalu menebarkan kebaikan. Aamiin allahuma aamiin. Terima kasih juga untuk Pocari Sweat yang sudah berbagi banyak kebaikan.



Masih penasaran dengan keseruan acara BHBMilad1 ini? Yuk, langsung cek websitenya Bandung Hijab Blogger dan juga Instagramnya, di:




Terima kasih sudah baca cerita keseruanku bersama teman-teman Bandung Hijab Blogger ya, dear
See you on the next post.

With love,

15 comments:

  1. Seru banget ya eventnya..mudah-mudahan bisa temu dilain waktu yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, sayang banget kemarin ga bisa ketemu ya kitaa~

      Delete
  2. Wah seneng banget pastinya yaa, dapet banyak doorprize dari acara BHB kemarin. Semoga kita bisa ketemu lagi teh, di event lainnya 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, Iya bener... alhamdulillah :D Sampe ketemu lagi ya teehh ❤️

      Delete
  3. Wahh kpan ya aku bs ikutan event brg tmn2 BHB.. blum ksempatan ikutan

    ReplyDelete
  4. Seru banget deh acaranya ya. Bisa ngumpul sama temen sehobi, nambah wawasan, dan pastinya silaturahim makin eraaaat. Plus dapet goodibag pula :D

    ReplyDelete
  5. Seru banget yaa acaranya sayang banget akunya ga ikutan karena prepare nikahan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, gpp atuh manten baru.. Nanti kan kita bisa ketemu lagi :D

      Delete
  6. Hai... Neng Rully,(sesuai request yang punya nama gosak pake teteh lagi katanya), seru memang acaranya, bisa kenal lebih dekat sama para mahmud dan mojang2 gareulis nan someah member BHB :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik ada teh Ane.. (aku jadi galau panggil teteh atau bundaa hihihihi..)
      Alhamdulillah bisa lebih kenal sm teteh juga, jd ga sekedar BW aja ya teh.. hihihihi

      Delete
  7. Seru ya acaranya jadi nambah pengetahuan juga seputar kesehatan. Semoga bisa juga ikutan lain waktu hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, iya semoga kita bisa ketemu yaa~ ❤️

      Delete
  8. Horeee . . . menang lomba #cipika #cipiki Selamat ya Buuk ! Wow dah

    ReplyDelete

Thank you so much for stopping by. ❤️