Thursday, August 29, 2019

Self pamper ideas


Hi dear,
Assalamu'alaikum

Tahun 2019 ini adalah tahun yang luar biasa, hampir setiap hari libur nasional bertepatan dengan weekend. Meh, IYKWIM. Nampak cukup sulit untuk merencanakan liburan panjang bagi sebagian orang, apalagi kalau jatah untuk cuti sudah habis saat kemarin mudik lebaran. Hehehe.

Namun, apa betul mengembalikan produktifitas harus selalu dengan berlibur?

Liburan memang sudah menjadi salah satu gaya hidup di era milenial ini, tak heran, para milenials berupaya keras untuk bisa mengikuti gaya hidup ini. Sebagai ibu-ibu komplek yang ngasuh anak sambil kerja ini, liburan tidaklah menjadi sebuah obsesi. Bukan karena ibu-ibu ini sudah tak lagi milenial, tapi karena dia punya cara lain untuk memanjakan dirinya.

Memanjakan diri atau sebagian orang menyebutnya me time, itu sangat penting untuk dilakukan. Bukan sunnah lagi, tapi sudah wajib. Padatnya kegiatan tiap hari mulai dari ngurus suami, anak, rumah dan kerjaan kadang membuat diri ini hampir lewat. Oleh karenanya, me time itu menjadi hak  yang perlu dimiliki setiap orang.

Balik lagi pada keterbatasan waktu, ada beberapa cara yang biasa aku lakukan untuk sweet escape dari rutinitas, untuk tetap menjaga kewarasan diri ini. Berikut adalah beberapa ide untuk me time versiku:

1. Treat yourself with a good food
Setelah seharian beraktifitas, diri ini membutuhkan apresiasi atas kerja kerasnya. Maka dari itu, memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi tentu akan sangat berguna untuk mengembalikan energi yang sudah dikeluarkan.


Beberapa makanan favorit yang bisa membuat aku good mood adalah okonomiyaki, ramen, steak dengan brown sauce nya. Semenjak belajar healthy living, aku mulai mengurangi konsumsi gula jadi minuman favorite aku adalah air mineral dan coffee latte.


2. Beauty is investment
One of my fave masks
Investasi dalam kesehatan dan kecantikan itu penting. Seiring dengan bertambahnya usia maka tubuh ini juga membutuhkan perawatan yang sesuai. Melakukan perawatan tidak selalu harus ke salon mahal ko, aku biasa massage, luluran dan maskeran di rumah, kadang hairmask pun dilakukan di rumah, apalgi facemask.

Saat ada waktu luang, dan uang jajan lebih (hehehe) aku baru pergi ke salon. Aku tidak menganggarkan dana khusus untuk ke salon, karena aku lebih sering melakukan treatment di rumah. Salah satu salon favoritku adalah Moz5 salon muslimah. Nanti akan aku bahas di postingan selanjutnya tentang treatment apa saja yang biasa aku lakukan disana.


3. Peaceful movie date
Kencan bersama orang tersayang juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk melepas lelah, orang tersayang ini bisa jadi orang tua, adik, kakak, teman satu geng atau pasangannya (bagi yang sudah punya). Movie date tidak selalu harus dengan 'pacar' loh, aku ga pernah malu untuk jalan bareng orang tua sendiri. Justru suatu kebanggaan untuk bisa mengajak mereka melepas penat meski sekedar nonton bioskop.
Kenangan movie date jaman masih gadis
Setelah menikah, memang waktu untuk movie date dengan orang tua sedikit sulit, menyesuaikan waktunya itu loh yang sulit. Maklum orang tuaku dua-duanya masih produktif. Akhirnya satu-satunya parter movie date-ku adalah suami. Manfaat dari movie date ini adalah bisa membuka topik bahasan yang baru dengan pasangan, supaya komunikasi tetap berjalan dengan lancar. Makannya kami selalu memilih genre film yang kami sukai, supaya ngobrolnya nyambung. Karena lokasi rumahku dekat dengan Transmart Buahbatu, akhirnya aku sering banget nonton disitu. Biasanya aku memilih waktu malam sepulang kerja. Supaya ga macet dan sekalian dinner bareng pak suami.



4. Be you, do what you love
Tidak sedikit orang yang meninggalkan apa yang disukainya karena tuntutan keadaan. Pekerjaan misalnya. Sisihkan sedikit waktu untuk melakukan apa yang disukai, seperti membaca buku, bermain musik, memasak, menulis cerita atau menggambar.

doc. pribadi - satu-satunya hasil gambarku (jaman SMP) yang masih tersisa
Sewaktu sekolah, aku suka sekali menggambar karakter kartun, koleksi stationary dan menulis diary. Biasanya aku menggambar karakter komik yang sedang aku baca. Berawal dari meniru, lalu mencoba untuk berkreasi sendiri. Practice makes perfect, do exist. Setelah vakum bertahun-tahun akhirnya jemari ini kembali kaku, sampai membuat garis lurus aja ga pernah berhasil. Tapi akhir-akhir ini aku lagi sering menggambar di jurnal, orang-orang menyebutnya bullet journal. Padahal menurutku itu sama seperti diary yang dulu sering aku buat, mungkin bullet journal adalah diary dengan tampilan yang lebih memanjakan mata.
Kalau udah ibu-ibu, isi bujo-nya menu planner

5. Gift for yourself
Memberi hadiah untuk diri sendiri bukanlah hal yang aneh, tidak perlu menunggu momen tertentu untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri, bahkan tidak perlu menunggu seseorang memberikan hadiah kepada kita. Memberi hadiah pada diri sendiri merupakan bentuk rasa sayang kita kepada diri sendiri. Love yourself first. 



Karena aku juga suka membaca buku, membeli buku menjadi salah satu cara untuk membahagiakan diri ini. Ada satu kebahagiaan yang ga bisa diungkapkan saat buku inceran akhirnya tiba di tangan. Meskipun belum bisa langsung dibaca sampai selesai. Hehehe.

That's all dear, "5 ideas for pampering yourself" dari ibu-ibu komplek anti rumpi yang lebih suka makan dan diem di rumah. Semoga pengalaman aku yang ditulis disini bisa bermanfaat untuk kalian ya, dear. Satu hal yang selalu jadi pegangan aku adalah, me time itu ga mesti liburan luar negri, makan di fancy restaurant atau belanja barang-barang branded. Dengan menyisihkan sedikit waktu untuk bisa melakukan hal yang kita sukai dan menjadi diri sendiri sudah cukup bisa mengembalikan energi positif untuk kembali pada rutinitas. Intinya adalah bersyukur.


Tulisan ini merupakan kolaborasi bersama Bandung Hijab blogger-ku yang ke 5 loh, yeay! Kalau kalian penasaran dengan cara me time dari beberapa temenku boleh langsung cek blogpost mereka ya. Stay tuned di IG Bandung Hijab Blogger untuk info terupdate dari temen-temen BHB.

Last but not least, thanks for stopping by dear. See you when I see you.
With love,



26 comments:

  1. menarik nih, aku hampir lupa kalo eat some good food itu bisa jadi me time dan bisa berpengaruh besar buat diri sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung aku doyan makan, jadi eat some good food bisa banget balikin mood yang lagi terjun bebas. Hihihi

      Delete
  2. Omooo~ bener banget abis makan ramen dunia berasa lebih cerah ceria hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalo ramen spicy~ Cenghaar seketika.. Hahaha

      Delete
  3. nah setuju teh, lakukan apapun yang kamu suka untuk mengisi Me-Time kamu..hiyaaa, yuk ah kemon Me-Time hehehe

    ReplyDelete
  4. Good food = good mood.. btw aku baru mulai bikin bujo nih.. ajarin dong bebb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indeed... Akupun baru mulai ini, masih berantakan~ Gimana kalau kita kerja kelompok aja beb #ehhh Hahaha

      Delete
  5. Kok seru banget teh nonton bioskop sm org tua. Akj belum pernah, dan ortupun selalu gak mau kl diajak krn berisik cenah haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, ini juga kebetulan genre film nya yg disukain sm ortu.. Klo diajak yg laen mah pada g mau juga..

      Delete
  6. Duluuu jugak kusuka movie date ama orang tua 😢😢

    ReplyDelete
  7. Jadi inget masa2 suka kasih personal goal award. Kayamya sekarang harus ada lagi biar makin semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, biar makin semangat menjalani hari #Tsaaah hihihi

      Delete
  8. Replies
    1. Sebetulnya itu ga sesuai sama anime aslinya (lupa namanya), karakternya dirubah karena ga bisa gambar rambutnya~ Ooops Hihihi, anw, makasih saaay~

      Delete
  9. Bujo nya bagus banget dan rapih, aku jadi ingin mencoba tapi belum sempet bikin bujo nya karena ada sikecil. Semoga kalau udah agak besaran bisa bikin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga modal nekad teh, sekalian ngajarin warna & latihan motorik halus sama sikecil.. Meskipun banyak korban spidol berjatuhan, hihihi

      Delete
  10. aku gak kepikiran kalau me timenya sama makanan dong, bener juga ya teh kudunya aku masukin ke list aku nih, padahal tiap me time aku doyannya makan mulu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat aku mah, makan itu obat mujarab.. Hahaha Kudu jadi list no 1 sayy

      Delete
  11. hhi salah satu fav me time ku juga nih dengan maskeran biar tambah kinclong

    ReplyDelete
  12. Setuju good food is good mood. Bisa banget buat nikmatin me time

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, bisa bangeeet dong.. Bikin hati senang dan perut kenyang~ Hahaha

      Delete
  13. Hampir semuanya aku banget mbak, menikmati makanan enak itu adalah yg paling sering aku lakuin sebagai "me time" terbaik aku, kalau lainnya ya skincare an dan nonton film 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, samaan kita berarti yaa.. Me time nya ga perlu ribet ya mbaak.. Hihihi

      Delete

Thank you so much for stopping by. ❤️