Monday, February 17, 2020

Brand new me


Hi Dear, Assalamu'alaikum. Setelah belajar banyak hal di akhir tahun 2019, akhirnya aku membuat kesimpulan yang menjadi goal untuk menyongsong tahun 2020 yang sudah memasuki bulan kedua. Btw, kalian suka buat goal di awal tahun juga kah? Atau cuma aku doang nih?

Dalam rangka mempersiapkan kegemilangan di usia 30, tentu harus membuat perencanaan yang sangat matang. Tahun lalu mungkin masih banyak goals individu yang selalu aku atur dan jadikan prioritas, tapi tahun ini akan berbeda. Semenjak mengikuti kelas online Bengkel Diri, banyak sekali hal yang merubah sudut pandangku terhadap kehidupan. Tentang betapa pentingnya memiliki sebuah hubungan. Iya, hubungan dengan Sang Pencipta dan juga dengan sesama manusia.

Lalu apa yang akan berbeda dari tahun sebelumnya?

Priority
Ini adalah hal yang akan sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya yang menjadi prioritas adalah karir di ranah sosial, kali ini fokus aku adalah karir di ranah domestik. Maksudnya apa sih? Hmm, maksudnya adalah prioritas menjadi Istri dan Ibu yang baik akan jauh lebih diasah. Kalau kebanyakan wanita itu multitasking, bisa mengerjakan beberapa hal dalam waktu bersamaan, berbeda denganku yang harus fokus saat mengerjakan tugas. Poor me. Inilah yang membuat seringkali keteteran saat menyelesaikan tugas domestik di rumah, karena prioritas aku kala itu adalah karir di ranah sosialku. That's why, aku akan merubah priotitasku di tahun ini agar kelak bisa lebih produktif lagi.

Keep Learning
Jangan pernah berhenti belajar, harus mau untuk terus belajar. Meskipun sudah ibu-ibu, semangat belajarku masih on loh. Aku selalu seneng kalau disuruh belajar sesuatu hal yang baru. Eh, tapi kali ini target belajarku adalah belajar tahsin. Udah lama ga belajar tahsin nih, maklum ga ada temennya jadi suka kelupaan dan males. Semoga kali ini bisa istiqomah belajarnya. Aamiin.

Time Management
Di tahun ini aku mulai memberlakukan digital detox, dengan cara membatasi penggunaan gadget untuk hal-hal yang tidak berfaedah. Selain digital detox, aku juga sedang berusaha untuk tidak menunda-nunda untuk melakukan sesuatu. Hmm, kecenderungan ini memang ga mudah untuk dihentikan, apalagi sudah berakar dan mendarah daging. Tapi bukan berarti ga memungkinkan kan? Meskipun ga langsung berubah 100%, tapi harus berprogres! Wish me luck!

Simply and Healthy
Tahun ini aku akan mencoba mengaplikasikan perubahan lifestyle yang selama ini sudah aku teliti. Aku sudah mulai untuk declutter beberapa barang yang sudah tidak spark joy lagi. Mulai dari baju, sepatu, make-up dan beberapa peralatan dapur yang numpuk dan jarang terjamah. Selain declutter barang-barang di rumah, goal di tahun ini adalah NO FOOD WASTE dan juga lebih rajin olahraga.

Be Happy
Berhenti mengeluh dan mulai bahagia dengan merubah sudut pandang dalam menghadapi berbagai situasi. Berhenti marah-marah agar terhindar dari keriput-keriput manjah yang mulai hadir perlahan namun pasti. Last but not least, perbanyak bersyukur agar dilimpahkan banyak berkah oleh Allah SWT. Aamiin.



That's all dear. Tulisan ini dibuat sebagai salah satu kolaborsi dengan Bandung Hijab Blogger di bulan Februari ini. Akan ada banyak tulisan menarik juga dari temen-temen Bandung Hijab Blogger loh, ayo buruan merapat ya, dear.

Ada satu kutipan yang masih bergema di pikiranku saat mengikuti gathering alumni Bengkel Diri yang dipaparkan oleh Ustadzah Meti, yaitu "untuk bisa merubah kepribadian yang lebih baik, kita harus mulai dari pemahaman akhlaq dan agamanya". Maka dari itu, yuks sama-sama terus self-upgrade and be the best version of you!

Btw, goal kalian di tahun ini apa? Let me know ya, dear.

With love,


Ruly

16 comments:

  1. Brand newnya keren banget, semoga goalsnya bisa terealisasi ya...aamiin. Setuju banget sama paparan dari ustadzah Meti " untuk merubah harus di mulai dari pemahaman akhlak dan agama".

    ReplyDelete
  2. Bahagia itu wajib ya, teh. Keep smile, sis

    ReplyDelete
  3. Goalku lagi terus meningkatkan kualitas diri dalam segala hal, biar tambah stabil ketika angin kenceng menerpa, hihiii.
    Btw semoga terealisasi goalnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih teh, aku mah harus satu-satu.. suka gagal fokeus soalnya.. Semangat juga yaa teh

      Delete
  4. Semua resolusinya aku sepakat nih teh... semoga tahun ini sama2 lebih baik yaa tercapai semua goals nya

    ReplyDelete
  5. I love it about keep learning. It's wise statement. Still be student Tobe knowing everything.. Cemunguttt kakak

    ReplyDelete
  6. masha allah pengen banget ikutan bengkel diri materinya sebagus ini. Dan btw sukses buat resolusinya ya :)

    ReplyDelete
  7. setuju banget sama poin2 diatas tehhh, aku juga mau nyontek ya teh hihi

    ReplyDelete
  8. Setuju banget, apalagi time management itu penting bgt dan bener2 harus diperbaikin huhu

    ReplyDelete
  9. Bener juga tuh, untuk mengubah kepribadian yg lebih baik, dimulai dari pemahaman agama dan akhlak. Setuju👍👍

    ReplyDelete
  10. Setuju untuk be happy, berhenti ngeluh alias kukulutus. Ikhlaskan setiap apapun yang terjadi dalam hidup, karena apapun itu udah jadi takdir dan pilihan yang pasti ujungnya baik

    ReplyDelete
  11. Waalaikumsalam teteh cantik... aku sepakat sekali ini. Pokonya do the best pasti be better 😊🙆

    ReplyDelete
  12. Aahh aku setuju semuanyaaa...aku juga lagi berusaha jadi istri dan ibu yang baik...bisa bagi waktu lebih baik lagi...kurangi marah2 biar gak habis energi n gampang keriput...berusaha selalu sabar, ikhlas dan bersyukur biarpun yah kadang2 suka ada aja gitu lupanya.. kukulutus dulu abis itu menyesal kemudian..dan sering berulang...heuheu...trus aku juga sama ih lagi belajar tahsin... Yaa Allah malu dech udh umur banyak begini baca Qur'an masih blepotan...semoga istiqomah belajarnya biar gak kesusul sama Jena nanti...heuheu...semangaaatttt!!!

    ReplyDelete
  13. semoga yg diharapkan perlahan lahan terwujud mba

    ReplyDelete

Thank you so much for stopping by and leave a message ❤️