Wednesday, May 13, 2020

Menjaga silaturahmi setiap hari, ramai sepi bersama



Silaturahmi setiap hari

Hi Dear, Assalamu’alaikum. Gimana puasanya? Semoga tetap lancar ya. Yuk saling menguatkan, supaya bisa tetap bahagia menjalani ibadah puasa kita walaupun kita masih berada di masa pandemik. Jangan lupa untuk silaturahmi setiap hari dengan keluarga dan teman juga ya, karena silaturahmi itu bisa banget menjaga dan menaikan mood kita supaya tetap oke. Meskipun terpisahkan oleh jarak dan waktu tapi silaturahmi harus terjaga. Ramai Sepi Bersama tentu menyenangkan.

Bicara tentang Ramadhan, hal apa sih yang paling dirindukan? Kalau aku punya banyak hal yang membuat rindu dengan bulan suci Ramadhan ini. Seperti berburu takjil menjelang buka puasa, mendengar riuhnya bunyi petasan saat pulang tarawih, kesibukan mengatur jadwal buka bersama dengan teman-teman, sahabat dan keluarga. Biasanya, Ramadhan minggu kedua aku jarang sekali buka puasa dirumah. Selalu saja ada ajakan iftar yang sulit untuk ditolak, seperti ajakan dari teman sekelas jaman SD, SMP, SMA eh SMK, kuliah, teman di komunitas, teman di kantor dulu, teman di tempat kerja sekarang, teman sepermainan, sahabat karib dan juga keluarga besar.

Belum lagi undangan buka bersama untuk Pak Suami yang kurang lebih mirip dengan agenda buka bersamaku. Kadang aku suka bingung sendiri kalau dihadapkan dengan jadwal yang bentrok. Agak susah untuk mengatur pembagian waktunya, karena kita itu sepaket, kemanapun dia pergi aku pasti ikut. Hehehe. Meskipun sedikit hectic, tapi rasanya senang sekali saat bisa bertemu dan melepas kerinduan.

Silaturahmi setiap hari

Itu cerita Ramadhan tahun sebelumnya, tahun ini ceritanya tentu berbeda. Agenda berburu takjil otomatis tidak ada lagi, sebagai gantinya akupun belajar memasak supaya bisa buat takjil enak walaupun dirumah aja. Bunyi kembang api dan petasan khas Ramadhan juga tidak terdengar sama sekali, sepi sekali seperti hilang ditelan bumi. Apalagi agenda buka Bersama, sudah pasti tidak mungkin terjadi.

Ditambah lagi sekarang harus kerja dari rumah. Meskipun sekolah diliburkan, tugas sebagai guru tentu tidak ikutan libur. Masih ada kelas daring yang harus dijalankan, penilaian siswa, rapat kelulusan belum lagi mengerjakan program kerja dari Yayasan. Iya, agenda kerja tahun ajaran 2019/2020 tentu tetap harus diselesaikan. Kalau katanya para guru itu enak karena tidak ada KBM, itu salah besar pemirsah.

Karena pandemik ini belum diketahui kapan akan berakhir, akhirnya aku ikut mengatur strategi pembelajaran yang akan diterapkan di Tahun Ajaran baru, baik secara konvensional/tatap muka ataupun daring. Selain mempersiapkan program kerja untuk Tahun Ajaran baru yang sebentar lagi akan mulai, aku juga mengikuti pelatihan guru kreatif yang dihadirkan oleh Direktorat SMK. Salah satu amanah lain yang dipercayakan pihak sekolah untukku. Dengan jadwal dua kali tatap muka tiap minggu dan juga tugas mandiri, membuat agenda harian semakin padat. Hihi, ternyata diam dirumah saja membuat aku jadi jauh lebih produktif dari biasanya.

Di tengah kepadatan ini, aku jadi makin rindu untuk berkumpul bersama keluarga. Kalau sedang berkumpul bersama, aku suka banget tiduran di paha ibu untuk sekedar curhat. Ibu selalu sabar mendengarkan anaknya yang super cerewet dan berisik ini. Hihihi. Berbeda dengan Apa yang selalu memberikan banyak petuah dan pelajaran penting kehidupan, yang selalu menguatkan kalau anaknya udah mulai banyak ngeluh. Hmm, kangen banget dielusin kepalanya sama mereka. Hehehe. Untuk mengobati kerinduan berkumpul bersama, akhirnya aku putuskan untuk berkomunikasi secara virtual dengan lebih intens. Di jaman yang serba digital, sekarang sudah tidak sulit lagi untuk berkomunikasi dengan orang-orang terkasih, kapanpun dimanapun kita bisa terhubung setiap hari. Seperti lagu yang berjudul Ramai Sepi Bersama yang dinyanyikan oleh Hindia, Yura Yunita, Sal Priadi, Kunto Aji, ”tembok-tembok kini tak berarti” sekarang perbedaan jarak bukan lagi masalah. Kalian sudah pernah dengar lagunya? Coba deh cek video dibawah ini ya, dear.


Video Ramai Sepi Bersama ini merupakan anthem terbaru yang digagas oleh IM3 Ooredoo untuk mengingatkan kita bahwa apapun yang terjadi, tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi. Video ini juga didedikasikan untuk menyemangati semua orang, terutama para pajuang garda depan yang rela tidak dirumah demi sesama. Dari video ini aku mendapatkan energi positif untuk tetap produktif berkarya. Tidak ada alasan untuk berdiam diri dan menunggu, apalagi mengeluh. Kita harus produktif, kreatif untuk terus berkarya dengan menebar semangat dan kebaikan setiap harinya.


Setelah bulan April lalu aku mendapatkan gratis 30GB Kuota belajar, kali ini IM3 Ooredoo juga menghadirkan Paket Freedom Kuota Harian yang bisa menjawab kebutuhan kita yang selalu online setiap waktu. Sebagai pengguna setia IM3 Ooredoo, aku merasa senang sekali mendengar kabar ini. Paket internet terbaru ini memberikan kuota yang besar dengan harga terjangkau. Kalian bisa bebas internetan selama 24 jam (di semua jaringan) dengan benefit kuota utama 1GB per hari. Keren kan? Tidak perlu khawatir lagi meski tiap hari harus meeting dan video conference. Paket inipun dilengkapi fitur pulsa save, kalian bisa internetan dengan nyaman tanpa khawatir pulsa terpotong meski kuota utama paket sudah habis. 


Untuk aktivasi paket ini juga mudah, cukup tekan *123# atau bisa juga melalui aplikasi myIM3. Oya, dengan mengaktifkan paket ini, kalian otomatis memberikan donasi sebesar Rp.2000,- untuk membantu menanggulangi Covid-19 loh. MasyaAllah.

Dengan 1 GB per hari, video call berjam-jam untuk melepas rindu dengan orang-orang terkasih, meeting berjam-jam atau saling mengirim dan menerima berkas tugas siswa juga tidak masalah. Sudah tidak perlu khawatir lagi nih. Hmm, aku jadi kepikiran, THR tahun ini aku kasih paket Freedom Kuota Harian aja kali ya, biar bisa #SilaturahmiSetiapHari Hehehe. 



With love,


Ruly.

41 comments:

  1. Alhamdulillah ya ada freedom kuota internet harian yang bisa membuat kita silaturahmi secara online setiap hari tanpa khawatir dengan kuota internet yang mahal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, alhamdulillah.. Bisa sekalian donasi juga

      Delete
  2. Sama mbak, aku juga kangen banget bisa kumpul "normal" sebelum COVID-19 ini menyerang. Bismillah, sama-sama semangat ya mbak menghadapi tantangan di bulan Ramadan ini. Semangaat! :)

    ReplyDelete
  3. Menjaga seilatuahmi penting ya walau sedang pandemi dan asyiknya ada full kuota support

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tenang bisa vicall berjam-jam dengan nyaman

      Delete
  4. Paket freedom kuota harian dair IM3 ini memang sangat membantu apalagi saat ini. Kita butuh silaturahmi dengan video call bukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, sekarang apa-apa onlen jadi kuota harus tetep kenceng

      Delete
  5. Salut! tetap menuntaskan amanah sebagai guru walaupun ruang geraknya terbatas. Semangat yaa mba! Sekarang udah ada freedom harian juga kan, berasa makin dapet support deh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :) Terbantu banget emang dengan paket freedom ini

      Delete
  6. Pakai im3ooredoo ini kuotanya selalu melimpah ya. Aku juga pengguna soalnya. Hehe. Apalagi dengan inovasi Freedom Kuota Harian ini bikin silaturahmi tetap lancar di tengah pandemi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, im3ooredoo ga nanggung banget rilis paket internetannya

      Delete
  7. Alhamdulillah mba lancar puasanya hehe
    Yang paling di kangenin pastinya ngumpul bareng keluarga ya.

    Meski belum bisa ngumpul sekarang. Tapi kita masih bisa kangen-kangenan lewat vc yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, sementara ini baru bisa virtual aja silaturahminyaa.. Gpp, yg penting tetep bisa silaturahmi setiap hari hehehe

      Delete
  8. Silaturahmi online setiap hari jadi lebih mudah yaa dengan kuota Freedom dari IM3. So nggak pernah lepas kontak deh dengan orang-orang tersayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, silaturahmi setiap hari jadi lancar jaya

      Delete
  9. sekarang karena corrona yah silahturahmi sebatas diwa saja ya ka dan lebih mendukung jika kita asa kuota

    ReplyDelete
  10. Ide bagus itu mba, karna ga bsa tatap muka dan jabat langsung ke sodara2, kirim paket kuota im3 aja ya dan anak2 milenials pasti suka 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar bisa vicall berjam-jam dengan nyaman hihihi

      Delete
  11. Sayangnya IM3 disini jaringannya susah mbak, padahal harga kuotanya lumayan terjangkau. Kalo sekedar dipakai chat mungkin masih bisa, kalo dipakai vidcall susahnya minta ampun😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget ya, semoga nanti bisa nyobain paket terbarunya tanpa hambatan yaa mbaa

      Delete
  12. Kak kenapa si mukanya cantik bgttt. Btw aku juga pake freedom kuota harian dari im3 ooredoo nih, emang paling pas dan mantep deh selama dirumah aja. Apalagi aku lagi skripsi wuihh amat sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah kaaa 😅 Semua perempuan juga cantik ko.. Hehehe. Waah, semangat ya skripsinyaaa semoga lancaaar sampe sidang (auto flashback jaman skripsi)

      Delete
  13. Owalah bu guru sibuk banget.. untung ada freedom kuota harian yang murce ya jadinya semua kegiatan online jadi lancar.. aku juga merasa lebih produktif saat pandemik begini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, padahal aku kira kalau wfh bakal lebih santuy ternyata tidaak hihihi

      Delete
  14. Rame banget yang nulis tentang IM3 yaa tapi memang keren banget lagunya sih, maknanya dalam dan suara musisinya kece2 semua yaa Mba. Aku salut karena IM3 gercep banget garap iklannya sesuai dgn kondisi saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbaa, gercep banget. Kolaborasi musisinya juga mantuls banget

      Delete
  15. ini dia kuota yang bikin kita lancar silaturahmi virtual dan bukber virtual ya mba selama masa pandemi gini, jadi bisa tetep eksis yaaa

    ReplyDelete
  16. Silaturahmi tetap jalan meskipun harus di rumah aja ya mbak.

    ReplyDelete
  17. Gagasan Im3 Ooredoo dengan membuat video tersebut sangat berpengaruh buat kita2 yang merasakan perbedaan di ramadan tahun ini, merasa jadi lebih semangat lagi dan bisa bebas silturahmi setiap hari melalui virtual.

    ReplyDelete
  18. Memang tidak pernah terbayangkan sebelumnya bakalan menjalani kehidupan ditengah pandemi seperti sekarang ini ya. Akupun sekarang lebih sering melakukan silaturahmi secara online, baik melakukan video call atau sekedar telp group.

    ReplyDelete
  19. Im3 emang ga nguras kantok ya 😊
    Silaturahmi lancar deh ga perlu bingung lagi.

    ReplyDelete
  20. bgt punya kuota cukup yah Mbak. Aku pengguna setia Im3 nih hege. Btw aku udah nonton videonya suka banget. Keren.

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah cantiknya buguru favorit akuuuu 🤩 btw sepakat bgt sama kamu, ga pernah ngerasai yg namanya kehabisan kuota ditengah bulan semenjak pake Im3 ooredoo ini..mantaaap deh..

    ReplyDelete
  22. Pandemi memang menuntut kita untuk terus di rumah aja dan jaga jarak dengan orang lain. Tapi itu tak lantas membuat kita terisolasi dan putus hubungan dengan dunia luar. Sebaliknya, kita masih bisa bersilaturahmi. Ya tinggal gunakan saja teknologi yang ada. Bisa dengan video call atau aplikasi chatting. Tapinya tentu ya, kita kudu jeli milih. Jangan sampai silaturahmi terganggu hanya karena sinyal yang jelek, atau pun kuota terbatas. IM3 Ooredoo ini bisa jadi pilihan.

    ReplyDelete
  23. Aku yang baru pertama kai merantau, pindah domisili. Semakin terasa Ramadhan berbeda. Tapi dengan freedom kuota harian bikin silaturahmi tetap nyaman ya mba. Nggak perlu khawatir lagi.

    ReplyDelete
  24. Kegiatan dan aktifitas selama terjadi pandemi ini, memang lebih banyak di rumah. Dan dengan adanya paket freedom kuota internet harian ini lebih memudahkan untuk menjalankan aktifitas dari rumah, urusan silaturahmi pun terjaga, insyaAllah

    ReplyDelete
  25. heheh ... sama, aku jadi belajar masak dan buat takjil. Ramadhan yang sepi tapi alhamdulillah unlock new skills.

    ReplyDelete
  26. Udah 10 tahun pake IM3 tapi entah kenapa akhir2 ini sinyalnya jelek di rumah :( hmm padahal kuota hariannya lumayan...

    ReplyDelete

Thank you so much for stopping by and leave a message ❤️