Friday, June 19, 2020

Connecting the dots



Rulyrose.com - Hi Dear, Assalamu'alaikum. Sudah punya rencana berakhir pekan? Kalau aku sih sudah, rencana general cleaning. Hehehe. Biar akhir pekannya santai, kita selesaikan misi Connecting The Dots dulu yuks.

Connecting The Dots
Misi kali ini mengajakku menyelam lebih dalam lagi untuk mengenali diri sendiri. Butuh waktu cukup lama untuk menyelesaikan misi kali ini. Untuk mempermudah penyelaman, ilustrasipun diberikan oleh Widyaiswara. 

Dok. Matrikulasi Batch 8


1. Seperti apa aku ini?
Aku adalah seorang wanita yang menyukai seni. Menyanyi, menggambar, membuat kerajinan. Aku senang membersamai anakku untuk belajar mewarnai, menggambar dan bermain tempel-tempel kertas warna.

Selain itu, aku suka menari dan bernyanyi bersama anakku. Dulu, aku sempat berkhayal menjadi seorang anggota girlband dan juga balerina. Hahaha. Sempat juga membuat rekaman cover lagu bersama si mantan pacar yang sekarang jadi suami terbaikku. Hohoho.

Sebagai orang yang suka makan, aku tidak ahli dalam urusan dapur. Seringkali aku bereksperimen membuat hidangan yang membuat panci juga wajanku meleleh dan gosong.

Mudah beradaptasi di lingkungan baru, adalah salah satu kelebihanku. Aku suka sekali mempelajari hal-hal baru, meskipun seringkali terseok-seok tapi aku tidak mudah menyerah. Meskipun aku mudah beradaptasi, tapi seringkali aku krisis percaya diri. Untungnya, aku bisa termotivasi kembali dengan mudah. Asalkan mendapat support dari keluarga dan teman-temanku.

2. Apa yang membuatku unik?
Aku selalu punya mimpi. Banyak sekali hal-hal yang ingin aku capai baik dalam peran istri, ibu dan seorang insan manusia yang memiliki banyak keinginan. 

Aku selalu percaya, kegagalan hari ini akan berbuah manis disuatu hari nanti. Sabar dan tawakal. Aku suka belajar sendiri, sampai-sampai aku sering membaca Kamus Bahasa Jepang disela-sela waktu istirahatku pada jaman sekolah dulu.


3. Nilai-nilai apa yang aku miliki?
Sebagai seorang yang passionate a.k.a banyak maunya, aku suka sekali mempelajari banyak hal. Meskipun belum mahir dibidangnya, aku selalu merasa senang jika berhasil melakukan dan menghasilkan sesuatu. Selain senang belajar, akupun pantang menyerah. Walau seringkali gagal, (seperti gagal memasak suatu menu) aku tidak ragu untuk mencoba lagi.

4. Apa yang aku perjuangkan?
Perjuanganku kali ini adalah menjadi Istri dan Ibu yang bahagia, ikhlas, bertanggung jawab dan berakhlak mulia.

Rasanya lebih mudah untuk bekerja di ranah publik dibanding di ranah domestik. Tidak mudah untuk selalu menjadi pribadi yang menyenangkan dirumah. Dengan begitu banyaknya hal-hal yang harus ditangani, membuat diri ini lebih sensitif. Sulitnya menyediakan waktu khusus untuk istirahat dan me time juga membuat diri ini sulit menjalani peran sebagai istri dan ibu yang baik.

5. Apa kesamaanku dengan Institut Ibu Profesional?
Setelah menyelami diri ini lebih dalam lagi, akhirnya aku bisa menemukan hal-hal positif yang selama ini tidak aku sadari. Apalagi saat mengingat pelajaran yang aku dapatkan di Institut Ibu Profesional, rasanya aku bisa lebih percaya diri. 

Hal-hal yang kini aku temukan adalah "Never stopped running, the mission alive" pantang menyerah merupakan bekal yang harus dimiliki selama menjalankan amanah yang diberikan. Naik turun pasti ada, namun jangan ada kata menyerah then keep going. "Don't teach me, I love to learn" Belajar sepanjang hayat. Usia dan status bukanlah sebuah penghalang untuk terus belajar. Meskipun sudah menjadi seorang ibu yang tidak muda lagi, aku masih menyimpan mimpi untuk melanjutkan studi formalku ke jenjang S2. Hehehe.

Kelemahanku dalam mengatur waktu seringkali membuat aku tidak bisa on time. Tapi aku percaya kalau "I can be better". Dengan tekad yang kuat untuk memperbaiki ini, aku yakin kalau aku bisa "Always on time" dalam segala hal.

Demikianlah hasil penyelamanku kali ini. Kalau diperhatikan lagi, hasil connecting the dots akhirnya menyerupai bentuk piramida terbalik. Sama seperti Piramida Institut Ibu Profesional yang muara pada Akhlak Mulia.

Semoga dengan mengetahui seperti apa diriku, kelak mimpiki untuk menjadi istri, ibu dan pribadi yang bahagia juga bertanggung jawab dan berakhlak mulia bisa terealisasi. Aamiin.


See you in the next post dear.
With love,


Ruly.


#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah

No comments:

Post a Comment

Thank you so much for stopping by and leave a message ❤️