Thursday, September 24, 2020

Pantulan Warna Zona Komunikasi Produktif


Rulyrose.com - Hi dear, assalamu'alaikum. Dibulan September ini aku memulai petualangan baru bersama Institut Ibu Profesional. Setelah menyelesaikan kelas Matrikulasi, kali ini aku mengikuti kelas Bunda Sayang batch 6. Disini aku akan melewati berbagai Zona Permainan.

Tema zona pertama yang harus aku lewati adalah Komunikasi Produktif. Menyadari bahwa ilmu komunikasiku kurang memadai, muncul-lah rasa tidak percaya diri. Aku mulai pelajari bagaimana cara agar dapat berkomunikasi dengan produktif. Setelah mendapatkan kudapan lezat, mulailah petualangan seru di Zona 1.

Tantangan di zona 1 adalah membuat jurnal perkembangan komunikasi produktif selama 15 hari. Waktu hari pertama pastinya masih semangat, pengerjaan tugas dilakukan in time. Padahal kondisi anak lagi sakit tapi masih bisa manage waktu. Hari kedua, ketiga dan ke empat masih bisa mengerjakan tugas tepat waku. Hari kelima mulai keteteran, dan mulai ngerapel kerjaan 😅 Untungnya aku sudah terbiasa untuk membuat jurnal tertulis, jadi cerita tiap harinya aku tulis dulu di bullet journal baru aku buat di media sosial.

Selama masa tantangan, aku coba untuk explore teknik komunikasi apa saja yg bisa aku terapkan. Jujur saja, itu bukanlah hal yg mudah. Apalagi saat harus merubah gaya komunikasi, yang biasanya ceplas ceplos sekarang harus diolah dulu, mencari versi terbaik dalam berkomunikasi. Selama 15 hari belajar, hampir 90% aku melatih komunikasi produktif bersama anakku.

Meski seringkali terseok-seok, alhamdulillah sekarang emosi jauh lebih terkontrol. Komunikasi dengan anak juga lebih nyaman. Sudah mulai meninggalkan kesan otoriter dalam mendidik anak. Semoga kedepannya akan lebih konsisten bahkan lebih baik lagi dalam berkomunikasi.


#aliranrasa #zona1komprod #pantaibentangpetualang #institutibuprofesional #petualangbahagia




 

No comments:

Post a Comment

Thank you so much for stopping by and leave a message ❤️