Friday, November 11, 2022

Hospital Bag Preparation | What's inside?



Rulyrose.com - Hi, Dear! Beberapa waktu lalu aku lumayan kebingungan tentang apa aja sih yang harus disiapkan sebelum persalinan. Secara  udah hampir enam tahun berlalu sejak kehamilan pertamaku, jadi banyak sekali hal-hal yang luput dari ingatan termasuk barang apa saja sih yang harus aku siapkan. Akhirnya aku cari berbagai informasi yang relevan dengan kebutuhanku ini. Dan ternyata ada banyak sekali hal-hal yang dipersiapkan oleh banyak orang, sampai aku sedikit bingung, emang sebanyak itu ya yang dibutuhkan? 
Setelah mencari referensi dari berbagai sumber, akhirnya aku memutuskan untuk mengadaptasi beberapa hal yang sekiranya akan sesuai dengan kebutuhanku. Aku pun membagi kebutuhan persiapan persalinan menjadi 3 bagian, dan aku memasukannya ke dalam koper dan tas. Orang-orang menyebut persiapan persalinan ini dengan istilah Hospital Bag Preparation. 

1. Perlengkapan Ibu
Ini meliputi barang apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan selama proses persalinan, kalau berdasarkan hasil pencarianku dan juga flashback moment persalinan pertamaku, aku membagi kedalam beberapa poin seperti penting:

- Pakaian ganti - 1 set
- Pakaian pulang - 1 set
- Underwear extra - 3 set
- Pembalut nifas - 1 pack
- Tisu kering & basah - 1 pack
- Toiletries - 1 set
- Skincare - 1 set
- Handuk -  1 set
- Coklat - 3 bar
- Asi booster - Aku pakai Mungbean Mama
- Minyak Pijat - Aku pakai Kauniyah Oil

Jumlah barang dan jenis barang yang dibawa itu tergantung dengan fasilitas apa yang kita dapatkan dari tempat bersalin. Kebetulan persalinan pertamaku dilakukan secara normal di rumah sakit. Jadi beberapa fasilitas sudah disediakan oleh rumah sakit. Seperti makanan, minum, dan baju ganti pasien. Selama disana aku kebanyakan menggunakan baju pasien, pertama karena waktu itu aku tidak terlalu siap dengan persalinan (secara niatnya cuma mau kontrol, eh ternyata udah bukaan empat. Jadi ga dibolehin pulang sm bu bidan) dan untuk menghemat cucian yang dibawa pulang lebih tepatnya. Oops.

2. Perlengkapan Bayi
Bagian perlengkapan bayi ini yang paling tricky, soalnya banyak sekali perintilan yang aku bingung ini masih dibutuhkan atau ga sih? Jadi waktu beli-beli perlengkapan bayi juga masih agak ragu gitu, apa cukup atau ga ya? kepake atau ga ya? and so on~ Tapi kan show must go on ya dear, jadi akhirnya aku mulai packing beberapa stuff seperti:

- Pakaian ganti - 4 set
- Pakaian pulang - 1 set
- Kain bedong - 3 set
- Selimut - 1 set
- Gendongan - 1 set
- Handuk - 1 set
- Popok - 1 pack
- Toiletries - 1 set
- Bantal - 1 set

Sama seperti halnya perlengkapan ibu, perlengkapan anak juga disesuaikan dengan fasilitas dan juga lama menginap di rumah sakit. Tapi yang jelas, semua keperluan bayi harus lengkap. Mungkin ada 1 item yang ga aku masukan, yaitu botol/dot. Aku masih berikhtiar agar bisa memberikan asi langsung tanpa susu formula (semoga Allah mudahkan) Ada sedikit cerita, waktu anak pertama lahir, asi-ku belum keluar sampai hari ketiga. Dan karena ga tega denger anakku nangis terus, akhirnya dikasihlah susu formula. Sedih banget deh waktu itu, antara sedih karena ga terima anak aku dikasih susu formula dan sedih karena ngerasa gagal jadi ibu aja gitu. Untungnya, setelah pijat laktasi akhirnya asi keluar juga dan langsung aku buang susu formulanya. Hehe. Jadi curcol ya, maafkan.

3. Perlengkapan Ayah
Ga kalah penting dengan perlengkapan ibu, perlengkapan ayahnya juga harus disiapkan ya. Sebagai supporter setia yang bakal nemenin selama proses persalinan. Isinya apa aja? Ini perlengkapan yang paling simple sih, cuma baju ganti, dokumen dan dompet. Hahaha. Penting banget ya dompet, jangan sampai ketinggalan. Wkwk

Nah itu dia sepenggal cerita persiapan aku menuju persalinan anak keduaku. Do'akan semoga Allah mudahkan dan lancarkan prosesnya ya.. Bayi, ibu dan juga ayahnya sehat juga.. Nanti akan aku update lagi seberapa efektifkah isi hospital bag yang aku siapkan ini di postingan berikutnya. Jadi.. stay tuned ya dear..

With love,

Rulyrose

No comments:

Post a Comment

Thank you so much for stopping by and leave a message ❤️