Kamis, 18 April 2024

Belajar Finansial secara Islami

 


Rulyrose.com | Hi, Dear! Mulai memasuki ke pertengahan tahun 2024 ini ada banyak hal yang ingin aku pelajari, mulai dari pengembangan diri, update parenting dan banyak hal lainnya. Dalam kesempatan pertama ini aku memutuskan untuk belajar tentang Fianansial secara Islami.

Sebelumnya, aku sudah mengikuti beberapa pembelajaran terkait belajar finansial secara konvensional dan alhamdulillah manfaat dari belajar finansial ini sangat membantu dalam mengelola keuangan keluargaku. Seiring berjalannya waktu, aku jadi semakin penasaran apakah pengelolaan yang aku lakukan ini sudah baik? Sudah sesuai dengan syariat?

Sebagai seorang muslim, tentu penting untuk memastikan apakah hal-hal yang aku lakukan ini sudah sesuai syariat? Apakah Allah Ridho dengan apa yang aku lakukan? Akhirnya aku mencari lagi pembelajaran finansial secara islami, dan alhamdulillah aku menemukan kelas yang sesuai dengan kebutuhanku yang diselenggarakan oleh Kelas Bengkel Diri.

Dalam kelas finansial secara islami ini, terdapat 8 sesi pembahasan, yaitu:

  1. Pengantar Manajemen Keuangan Islami, Tips Fin-Talk Bersama Pasangan.
  2. Build Strong & Good Financial Habits, Financial Check-up.
  3. Fiqh Jual Beli, Zakat dan Utang.
  4. Fiqh Riba dan Asuransi.
  5. Budgeting for Single, Married & Sandwich Generation.
  6. Manajemen Hutang, Saving dan Dana Pensiun,
  7. Fiqh Investasi dalam Islam.
  8. Pendidikan Dasar Finansial Pada Anak.

Salah satu pertimbanganku memutuskan untuk mengikuti kelas finansial ini adalah fasilitator yang menyampaikan materi ini sangat ahli dibidangnya. Ada 3 orang fasilitator yang menyampaikan materi, pertama adalah Ummu Balqis (Founder dari kelas Bengkel Diri, Entrepreneur), Roswitha Jassin, SE., MBA, CFP,. (Sharia Financial Educator, Certified Financial Planner), Ustadzah Meti Astuti, SEI., MEK, (Dosen Ekonomi Islam, Founder Muamalah Muslimah).

Setelah mengikuti pembelajaran ini, aku merasa banyak sekali ilmu bermanfaat yang aku dapatkan. Rasanya ingin aku bagikan ilmu yang sudah aku dapatkan ini kepada teman-teman, InsyaAllah aku akan coba untuk membuat ringkasan pembelajaran tersebut melalui postingan beberapa waktu kedepan. 

Adapun perbedaan sumber yang digunakan selama pembelajaran semoga dapat dipahami ya, dear.

Semoga aku bisa istiqomah dalam berbagi kebaikan melalui platform blog ini. Bismillah.


With love,

Rulyrose

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you so much for stopping by and leave a message ❤️