Thursday, April 23, 2020

Membumikan Code of Conduct



Hi Dear, Assalamu'alaikum. Layar masih berkembang, perjalanan masih panjang. Jangan patah arang ya, dear. Yups, dari perjalanan minggu lalu yang membahas tentang Prinsip Berkomunitas, aku mendapatkan sebuah mutiara cantik ibu profesional. Alhamdulillah.



Dok. Matrikulasi IIP Batch 8

Jadi tambah semangat nih belajarnya. Oya, kali ini bahasan di kelas matrikulasi adalah Membumikan Code of Conduct (CoC). Simak dulu pemaparan berikut ya dear.

Mengenal Code of Conduct Institut Ibu Profesional
Sebelum membahas bagaiamana cara membumikan CoC, yuk kita kenalan dulu lebih dekat dengan apa itu CoC.

Code of Conduct atau Kode Etik bisa dijabarkan sebagai pedoman perilaku bermatabat berupa aturan yang dibuat untuk dipahami dan disepakati hingga menjadi komitmen bersama.

Dengan dibumikannya CoC diharapkan semua anggota Institut Ibu Profesional dapat meningkatkan harkat martabat setiap individu. Adanya CoC juga bertujuan sebagai langkah preventif, agar tidak terjadi pelanggaran hukum, etika, dan kemungkinan perbuatan nista. Sebagai langkah kuratif, CoC juga bisa dijadikan dasar atau referensi dalam pengambilan kegputusan ketika terjadi sebuah benturan antar individu di komunitas.

"Ibu itu adalah arsitek peradaban. Bagaimana bisa membangun peradaban? Kalau diri kita sendiri masih tuna adab" -Septi Peni Wulandari


Membumikan CoC
Sebagai mahasiswa, ada pilar yang dapat menjadikan individu tersebut bermartabat, yakni; Memiliki adab yang baik, Aktif dan bertanggungjawab, Publikasi bermanfaat dan bertanggungjawab.

Dari tiga pilar tersebut bisa diilustrasikan dalam sebuah aksi nyata seperti:

1. Meluangkan waktu
Meluangkan waktu untuk melihat informasi yang dibagikan di grup. Kemudian mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

2. Bersungguh-sungguh
Bersungguh-sungguh dan sigap dalam mengikuti perkuliahan. Berusaha untuk menyegerakan tugas dan tidak menunda.

3. Berkoordinasi
Selalu berkoordinasi dengan Nahkoda maupun WidyaIswara apabila berhalangan hadir dalam kegiatan belajar.


Ketiga hal diatas adalah pengaplikasian CoC poin satu, yaitu Memiliki Adab yang Baik.

Membumikan CoC seperti ini tentulah baik, kita akan terpacu untuk menjadi pribadi yang menghargai waktu, bertanggung jawab dan lebih aktif.

Saat kita berhasil menerapkan ketiga hal diatas, kita bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri dan juga orang-orang disekitar, khususnya keluarga. Kita akan lebih teliti dan pandai mengelola waktu, tentunya kita akan menjadi pribadi yang produktif dan lebih baik lagi.

Demikian ulasan singkat kali ini tentang bagaimana membumikan CoC versi aku. Kira-kira kalian akan melakukan aksi apa untuk menbumikan CoC ini? Share di kolom komentar ya dear.

See you on the next post, 

With love,

Ruly

#navigasidanberaksi,
#matrikulasibatch8,
#institutibuprofesional,
#belajardarirumah

No comments:

Post a Comment

Thank you so much for stopping by and leave a message ❤️